Tidak Berfaedah



Mengutip dari salah satu netter, kira kira begini ‘pengen bisa bikin saja, biar kalo kangen kamu bisa langsung bikin sajak liar kaya cewe cewe penggila sastra idaman kaum pria’


Dan setelahnya saya ngakak kuad, ada ada saja sih Mbak yang satu ini.

Saya sih suka sastra, tapi ya sastra receh. Masih segitu gitu aja. Terbatas di romance, sakit hati, patah hati, nggak suka ketika ditinggalin dan sejuta imajinasi saya tentang sesosok laki laki ‘antah berantah’. Beberapa kali ngirim ke official account sastra yang addersnya ber milion million (kumpulan puisi addersnya sampe 1 juta lebih) atau ke yang ber-K K addersnya seperti akun ‘sajak liar’. And then, apa yang terjadi?


Beberapa kali kontak baru masuk.

Sering malah.


Ngajak bicara sastra, kenalan dulu pastinya. Terang terangan bilang ‘Saya suka tulisan kamu’, dan saya hanya terbahak membacanya. Malah ada yang ngajakin ketemu dan saya cuma bisa membatin ‘Maaf Mas, tidak menerima segala bentuk permodusan. Kalo mau deket silahkan dekat dengan pemikiran saya, tapi praktikum saya lebih penting dari segalanya (Saya engga ada waktu buat bertemu, ngomongin sastra yang saya sungguh tidak ahli di dalamnya)’.

‘Ayo dong ajarin saya’

Nah kalimat ini nih yang bikin saya tambah bingung, sastra itu butuh sense. Enggak bisa instan. Bahkan saya saja yang maasih sangat amatir, butuh waktu bertahun tahun buat nemuin ‘taste’ saya dalam menulis.


Kalo ditanya buku apa yang bikin jatuh cinta sama sastra, saya akan menjawab ‘Novel Jendela SMP-Karya Mira Wijaya’. Ingat betul saya membaca itu sejak kelas tiga Sekolah Dasar. Berawal dari buku usang itu (yang saya bawa kemana mana saking sukanya- padahal novel yang cukup dewasa) saya jadi ketagihan membaca apa saja. Tapi saya baru bisa menulis ketika SMP, dan itu masih jelek banget.


Saya enggak pernah bikin karya panjang panjang, saya tahu itu bakalan ngebosenin. Apalagi kalau itu ‘mbulet’, pasti readers bakalan nebak ‘aelahh karya kacangan nih’ ahh saya bakalan sedih kalo gitu haha.


Nah kalo bentuk apresiasi sih saya juga nggak pernah nerima, kecuali beberapa piagam gitu. Receh lah, tipis tipis. Tapi saya suka, bahagia saya sederhana kok. Bisa muncul di buku kumpulan cerpen aja udah seneng, apalagi bikin buku sendiri (aamiin).


Satu satunya alasan klise kenapa saya suka nulis romance adalah karena saya jomblo, eeeh engga ada hubungannya ding wkwkw. Itu karena saya ya masih muda, dua puluh tahun. Masa iya saya bikin cerita kehidupan yang berat berat, belum banyak pengalaman brohh. Nah kalo nanti nih ya nanti, semisal saya udah banyak makan asam garam pasti saya bakalan nulis lebih banyak tentang pahit getir dan manisnya kehidupan (eaaaa berat bahasanya :V).


Saya engga pernah memaksa semua teman saya (ehh emang punya temen) untuk suka tulisan saya. 

Tapi tolong dong ‘kamu’ suka tulisan saya wkwkw. Engga engga bercanda, saya engga punya seseorang berinisial ‘kamu’ kok haha (recehh sumpah). Kalo ada yang bilang ada sesuatu di balik semuanya ini kenapa saya suka nulis, ya pasti ada. Motivasi itu pasti ada lah, tapi kan engga tentu orang. Bisa jadi saya di rumah puya kucing, kucing saya sukanya makan ikan bandheng. Trus saya termotivasi biar terus nulis, suatu saat bisa ngehasilin duit trus beli ikan bandheng. Bisa kan? :v



Oke, sekian tausyiah saya pagi ini. Semoga tidak berfaedah. Salam recehh


Komentar

Postingan Populer